Mengenal Macam-Macam Nama Tanah Kavling

Kavling adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu untuk bangunan atau tempat tinggal dan sering digunakan dalam jual beli tanah. Kavling banyak ditemui di area-area perumahan. Bentuknya pun macam-macam mengikuti posisi di dalam perumahan tersebut. Sebagai calon pembeli maupun penjual yang cerdas harus memahami kelebihan dan kekurangan  dari berbagai macam bentuk kavling tersebut. Sesuai dengan gambar diatas, berikut ini adalah penjelasan dari berbagai jenis bentuk kavling tersebut.

1. Tipe A
Bisa dilihat di dalam gambar, bahwa kavling tipe A terletak di ujung jalan buntu. Itulah mengapa kemudian  tipe ini disebut dengan Cul De Sac Lot. Dalam bahasa Perancis berarti jalan buntu. Ada beberapa keuntungan memiliki kavling tipe ini. Bagi yang menyukai ketenangan  dan kedamaian, tipe A sangat tepat. Posisinya di jalan buntu membuat bagian depan kavling sangat sempit seihngga membuat tipe ini lebih tenang dan damai. Dari sisi keamanan, bagian depan yang sempit juga terasa lebih aman.
Meski kavling tipe A mempunyai bagian depan yang relatif sempit, namun bagian belakang menyisakan ruang yang cukup lebar. Bagian belakang yang lebar bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan keluarga seperti tempat jemuran atau membuat taman keluarga. Untuk itu, tipe kavling A sangat cocok untuk tempat tinggal.
Kekurangan dari Tipe A adalah jika Anda  mempunyai kendaraan atau seringkali menerima tamu dalam jumlah banyak. Area depan yang sempit sangat sulit untuk parkir. Kekurangan lain adalah, pintu masuk tidak begitu lebar.

2. Tipe B
Tipe ini diberi nama Interior Lot. Letaknya tepat ditengah deretan kavling. Kelebihan tipe ini adalah dari sisi keamanan, perawatan dan ketenangan. Karena kavling tipe B hanya mempunyai satu akses pintu masuk, maka lebih terjamin keamanannya. Masih terkait dengan akses masuk, kavling di posisi ini cenderung tidak terlalu berisik. Selanjutnya perawatan tipe B relatif lebih mudah karena tidak memerlukan banyak pemeliharaan dan perawatan.
Beberapa kekurangan tipe B adalah masalah sirkulasi udara dan pemandangan. Dikarenakan posisinya, tipe B mungkin akan terganggu untuk masalah sirkulasi udara. Berkaitan dengan posisi pula tipe ini hanya mempunyai satu pandangan.

3. Tipe C
Tipe C mempunyai beberapa sebutan, yaitu T-Intersection Lot dan tusuk sate. Sebutan yang kedua lebih banyak di kalangan umum. Menurut kepercayaan fengshui, kavling tusuk sate mempunyai kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki bentuk kavling lain.
Secara umum, kavling tipe C memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya pandangan view di kavling tipe C cukup luas. Selanjutnya untuk masalah posisi, lokasi tusuk sate memungkinkan dilihat dari kejauhan , sehingga kavlin gini cocok untuk digunakan sebagai lokasi komersial. Sedangkan kekurangannya, kavling ini kurang nyaman digunakan sebagai tempat tinggal karena penghuninya akan terganggu oleh kendaraan yang seringkali melintas. Lokasi yang sering dilintasi juga dinilai kurang nyaman.

4. Tipe D
Namanya adalah Corner Lot, namun kebanyakan orang menyebut tipe D sebagai kavling sudut atau hoek. Kavling tipe D terhitung lebih luas daripada kavling interior. Pintu masuknya juga bisa diakses melalui dua muka. Berbeda dengan tipe Interior, sirkulasi udara di kavling sudut jauh lebih bagus. Halaman kavling ini juga cukup luas, dengan berbagai kelebihan tersebut kavling sudut bagus untuk digunakan sebagai tempat tinggal.
Kekurangan yang layak diperhitungkan adalah keamanan dan ketenangan. Dua pintu masuk membuat kavling ini riskan dan cenderung lebih berisik karena akan lebih banyak orang atau kendaraan yang melintas.

5. Tipe E
Tipe E adalah kavling yang terbilang sangat unik karena terletak di tengah-tengah kavling yang lain. Sekilas jika dilihat dari atas, kavling tipe E seperti mengunci kavling-kavling di sekelilingnya. Mungkin itu pula yang menyebabkan tipe E diberi nama Key Lot. Dilihat sekilas, maka kavling Key Lot berbentuk memanjang ke belakang. Umumnya area parkirnya luas. Karena hanya mempunyai satu akses pintu masuk, maka kavling Key Lot relatif lebih aman dan tidak berisik.
Lagi-lagi lokasi di tengah-tengah akan berhadapan dengan masalah sirkulasi udara, apalagi posisi Key Lot memungkinkan kavling ini dekat dengan septic tank tetangga dan pandangan view-nya pun hanya searah.

 6. Tipe F
Dari gambar terlihat bahwa tipe F berbentuk L. Sekilas tampak seperti bendera berkibar. Itulah kenapa tipe F diberi nama Flag Lot. Secara fengshui, tipe F banyak disukai karena bentuk denah yang menggantung di bagian belakang. Secara tipe F juga terbilang aman. Ini dikarenakan posisi kavling tersembunyi. Kekurangan tipe F adalah karena posisinya tidak mempunyai akses ke jalan utama.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dibawah sini :)